Minggu, 30 Maret 2008

Komik ku

Baru ada berita di TV bahwa pemeran Tintin dalam film telah terpilih; Thomas Sangster (17 th) dari UK.
Ini bukan sembarangan, ini tentang Komik Tintin yang begitu terkenal.Hal ini tentunya menjadi sangat istimewa karena trilogi film Tintin akan digarap oleh Steven Spielberg (Jurassic Park dll.) dan Peter Jackson (Lord of the Rings dll.) sineas terkenal dunia.

Komik Tintin ini sejak dibukukan di tahun 1930 mempunyai 24 judul petualangan. Komik ini diciptakan oleh Georges Remi atau dikenal dengan Herge, komikus yang dilahirkan di Brussel tahun 1907 dan meninggal tahun 1983. Lebih dari 200 juta copies komik ini telah terjual dalam 50 bahasa.

Di Indonesia, komik ini mulai diterjemahkan ke Bahasa kita sejak pertengahan tahun 70 an sampai dengan tahun 80 an.


Film dalam bentuk animasi memang telah di buat, dan pernah pula di TV kita menyiarkannya. Dan saya ingat pula bahwa di awal tahun 80 an saya pernah melihat versi ’manusia’nya (non animasi) di Bandung, kalau gak salah di Lembaga Indonesia Perancis (tentunya berbahasa Perancis yang babar blas saya gak tahu).
Kenapa saya tertarik dengan komik ini ?.Memang komik ini hanya salah satu dari komik komik bagus yang ada pada waktu itu, seperti Asterix , Lucky Luke, Batman atau komik semacam Godam, Si Buta dari Goa Hantu yang buatan lokal, tetapi komik ini mempunyai keistimewaan (yang menurut saya) sangat luar biasa.
Selain daripada karakter karakternya yang sangat hidup (dan personalized), penggambaran situasinya sangat detail dengan gambar yang sangat bagus, dan konon Herge pun melakukan survey untuk detailitas dari komik ini.
Coba saja anda ’membaca’ komik ini dengan cara lebih seksama, maka akan terasa bahwa kita seperti masuk kedalam skript komik ini.

Wah pokoknya akan saya tunggu tunggu kedatangan Tintin, Snowy, Captain Haddock dan Calculus dalam film yang membuatnya dengan teknologi sekelas film Jurassic Park atau Lord of the Rings.
Pada waktu lain akan kita bahas masalah komik aah
.

(Thanks www.tintin.com)

2 komentar:

Kristina DIAN Safitry mengatakan...

sayangnya aku kurang menyukai komik,gak sama seperti adikku yg sampai memgoleksinya. seingatku tintin menjadi salah satu favorit adik.

Mind Transportation mengatakan...

Wah kalau adiknya mau dwnload komik tintin versi pdf bisa di http://www.topmdi.com/. Komik itu penting lho jeng