Sabtu, 01 Maret 2008

Tiga dan Nol



Yes, artinya 30 alias tigapuluh.

Pada tanggal ini Tigapuluh tahun yang lalu diresmikanlah oleh Presiden RI suatu prasarana transportasi pertama di Indonesia… Jalan Tol, membentang dari Cawang menuju ke Bogor disebelah selatan Jakarta, Jalan Tol pertama di Indonesia JAGORAWI yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero). Otomatis tanggal ini menjadi HarLah dari perusahaan pelat merah ini.

Selalu menjadi pertanyaan mengapa masyarakat harus membayar untuk menggunakan prasarana Jalan, yang jelas sekarang ini like it or not Jalan Tol telah menjadi pilihan pemerintah untuk mencukupi kebutuhan prasarana jalan sebagai penghubung manusia dan komoditas antar wilayah tanpa harus menguras kocek APBN.
Menurut saya Tol adalah cara untuk mendanai pembangunan jalan, dan bukan suatu ”bisnis” yang bisa diperjual belikan dan selain itu pula investasi jalan tol merupakan investasi jangka panjang.


OK deh lain kali saya bahas lebih panjang lagi mengenai filosofi jalan tol.
Mudah mudahan setelah berusia 30 tahun jalan tol di Indonesia dikelola lebih baik lagi, baik Pemerintahnya maupun investornya.

Terimakasih untuk mbak... yang manis di ..., yang jari jari halusnya saya foto

1 komentar:

ADITYAWARMAN mengatakan...

Yth pak Jodi, 30 tahun jasa marga ditandai dengan anjlognya harga saham, sedih juga ngelihatnya, soalnya kita semua karyawan hampir babak belur cari pinjaman buat beli saham, hampir 300 milyar ya?mudah2an saja simpanan masa depan ini bisa bagus lagi harganya.
Merayakankan Harlah ke 30,tapi kenapa ya atmosfirnya terasa seperti murung, tidak ada gairah, apa karena komunikasi lagi trouble, mudah2an kedepannya jadi tambah baikan.Selamat Ultah JM ke 30 semoga jaya selalu.