Rabu, 02 April 2008

Djoko .. who?

It’s about a name, … what’s in the name kata William Shakespear.
Ada pembicaraan klasik yang sering saya dengar mengenai 3 orang beken di Indonesia bernama ”Rudy” ; Rudy Hartono (Maestro Bulutangkis), Rudy Khoirudin (Master of cooking), dan Rudy Hadisuwarno (Penata Rambut kawakan). Tiga orang “Rudy” yang mempunyai jalur profesi, karir dan rejeki yang berbeda, yang menjadi sama adalah bahwa mereka adalah Rudy yang “sudah punya nama” di Nusantara.
Tentu hal ini tidak datang dengan sendirinya, penuh dengan struggle/ perjuangan dan pengorbanan.Nah kira-kira apa saja yang membawa pengaruh pada pembentukan diri mereka ya ?
Bibit ?, secara genetik ?, tentu . Kata psikolog manusia mempunyai 8 jenis kecerdasan, saya percaya salah satu kecerdasan orang tua bisa menurun secara genetis.
Pendidikan, tentu saja ini berpengaruh karena secara kontinyu memberi asupan pengetahuan.
Lingkungan beserta seluruh pengalaman didalamnya, ini semacam pendidikan non formal yang secara sengaja atau nggak sengaja membentuk seseorang (saya kira ini paling menentukan).
Yang saya ingin garis bawahi disini adalah bahwa hidup ini sendiri merupakan kumpulan dari pilihan-pilihan. Kalau seseorang ingin ”bernama”; selain bibit, pendidikan dan lingkungan tentu saja usaha yang cukup untuk mencapainya (ini yang saya sebut dengan
pilihan-pilihan nya).

Kembali ke pembahasan ’nama’ tadi ; untuk nama the Djokos ya ada ; Djoko Kirmanto (menteri),Djoko Santoso (Panglima), Djoko Pekik (pelukis) naaah untuk Djoko Dwijono yaa baru sampai jadi blogger pemula (padahal saya sudah mencoba resep resep ”branding yourself” nya Mario Teguh di depan boss-boss supaya bisa dapat ”nama” he..he.. ).

Eh tapi jangan ketahuan sama Roy itu lho.. Roy Suryo (yang katanya ”pakar” telematika yang bilang bahwa blogger lah yang beberapa waktu yang lalu mengganggu situs situs internet), kalau sama Roy Marten atau Roy Keane sih boleh saja.



(anakku lagi ngedit blog ku)

4 komentar:

Kristina DIAN Safitry mengatakan...

he..he...opininya bikin aku tertawa. kalau soal namaku bagaimana ya? bisa jadi orang terkenal ndak?he..he...

Mind Transportation mengatakan...

Trimakasih mbak komentarnya, heeemm kalau untuk nama Kristina...:
bisa Kristina Martha Tiahahu (pahlawan), atau Kristina Onnasis (orang kaya), dan Kristina Dian Safitri (selebblog dari Hongkong) ya mbak..

Anonim mengatakan...

joko dwijono atau jodi... yaaah saudaranya setiawan jodi lah.... (hasan-pml)

Nusa mengatakan...

Djok, kelakuan ente memang kagak berubah