Jumat, 07 Desember 2007

Perubahan Iklim - Climate Change - do you care?


Di Bali sejak tanggal 3 sampai dengan tanggal 14 Desember 2007 berlangsung United Nation Climate Change Conference.Iya betul.. keberlangsungan bumi memang jadi mengemuka belakangan ini, lepas dari masalah politik yang membayangi konperensi tersebut, apa sebenarnya kita merasakan perubahan iklim tersebut ?.
Menurut ilmu pengetahuan yang saya pernah kenal, memang bumi yang berumur 4,5 milyar tahun ini secara teoritis lambat laun akan menjadi bertambah panas (kurang lebih sekian ratus juta tahun kemudian) ini disebabkan Karena matahari kita semakin membesar dan memanas (giant red star) sampai dengan persediaan hydrogen nya habis dan kemudian matahari berangsur angsur menjadi dingin membeku setelah beberapa juta tahun berikutnya. Kejadian membesarnya matahari kita inilah yang tentunya membuat seluruh peradaban dimuka bumi akan musnah karena terpanggang panasnya matahari.
Nah kejadiannya ternyata lebih cepat (ngak tahu beberapa tahun dari yang dapat dihitung secara teoritis). Coba tengok sekarang dibeberapa tempat seperti dilaporkan mengalami kenaikan suhu sebesar 3 derajat C atau bahkan sampai dengan 5 C. Apakah kita menyadarinya ?, tentu saja kita mengalaminya dengan sadar.Dari Media Indonesia saya mencuplik gambar melelehnya daerah es di Islandia, ini belum pernah terjadi sebelumnya.




Kalau kembali ke tahun 60’ an atau 70’ an, kita bisa bermobilria tanpa menggunakan AC, kaca film yang tebal, kaca jendela bisa dibuka dengan nyaman. Coba saja sekarang, pernah nggak kita lihat mobil yang berlalu lalang dengan membuka kaca jendela, atau hanya beberapa persen mobil yang tak ber AC?
Saya pernah tinggal di Bandung di akhir tahun 70’ an sampai pertengahan 80’ an. Waktu itu kalau pagi kita berjalan di sekitar jl. Dago, Hasanudin, Tengku Umar, atau disekitar Gedung Sate ; kenyamanan udara masih terasa, baik kesejukan maupun kebersihannya. Kalau malam hari tentunya masih “dingin” dan definitely tidak membutuhkan AC. Coba saja sekarang bandingkan.. terasa sekali bedanya .So .. can we do something about it.?

Tidak ada komentar: