Kamis, 13 Desember 2007

Mafia Manager


This is about a book..dari judulnya saja buku ini cukup menarik perhatian, diterbitkan pertama dalam bahasa Indonesia pada tahun 1997 buku ini sudah mencapai cetakan ke delapan di tahun 2006.
Dengan judul asli “the Mafia Manager ; a guide to the corporate Machiavelli” buku karangan “ V “ ini memang sangat berbeda isinya dengan buku teoritis manajemen yang ada. Buku ini menyajikan pragmatisme dari perilaku dan kehidupan usaha/bisnis di muka bumi ini. Penulis buku ini adalah seorang “Capo” (senior, mentor, pengayom) yang tempat tinggalnya saja sangat dirahasiakan. Segala taktik, intrik dan dalil-dalil ‘bijak’ banyak bertebaran mengisi halaman dalam buku ini.
Coba saja “…Hal terpenting dalam hubungan bisnismu adalah reputasi dan kejujuran. Jika kamu bisa dengan tulus dan murni memalsu kejujuran, kamu akan sukses. Itu jangan kau ragukan...”
Atau dalil-dalil yang aneh ; “..Bersikaplah santun pada semua orang, ramah pada banyak orang, akrab dengan segelintir orang, dan bersahabat dengan satu dua saja..”.
Banyak pernyataan-pernyataannya yang menggemaskan tapi didalamnya mengandung unsur unsur nyata dalam kehidupan sehari-hari (polos, jujur dan tidak munafik)
Penulisnya mungkin bukan orang yang pandai bertutur dengan bahasa-bahasa merdu, seringkali malah tajam kedalam alam bawah sadar manusia (yang sebetulnya kejam dan individualis). Sesuai dengan pengantarnya buku ini unik, setelah membaca buku ini, pembacanya akan memandang tempatnya bekerja dengan wawasan lain.
Sayangnya, buku ini sudah lama beredar tapi saya baru belum lama ini membacanya, kalau saya sudah baca sepuluh tahun yang lalu, saya mungkin berbeda dengan saya yang sekarang.....he..he . Please check this out

Tidak ada komentar: