Kamis, 27 Desember 2007

Jalan panjang menuju.. ’panjang jalan 1.500 km’

Apabila ada pertanyaan ”jalan terpanjang didunia jalan apa ?”, official answernya adalah Yonge Street .
Jalan ini adanya di Toronto Kanada, konon katanya panjangnya hampir 1.900 km , bisa saja ya orang Kanada soalnya jalan ini menyatu dengan ’Highway 11’ (National Highway nya Kanada). Hal ini diakui oleh Guinness Book of World Records lho.
Di toko buku dan souvenir Toronto saya banyak melihat foto mengenai jalan ini, yaah minimal bisa jadi kebanggaan warga kota nya.


(gambar semanggi dari websitenya Jasamarga)
Lha kalau menurut saya beda lagi (nyleneh answer nya); jalan terpanjang didunia adalah "jalan panjang menuju.. panjang jalan tol 1.500 km di Indonesia".

Seperti kita ketahui bersama bahwa sudah menjadi tradisi untuk menyatakan suatu target atau sasaran tertentu pada suatu masa administrasi pemerintahan, dan ini adalah salah satunya, membangun jalan tol dalam waktu 5 tahun sepanjang 1.500 km. Kenapa memangnya ?, kan biasa toh.. negara lain juga bisa kok, ribuan km dalam waktu setahun.
Nah disini bedanya; di kita masalahnya banyak , pokoknya macam-macam lah, tapi yang utama adalah masalah kepastian berinvestasi yang di akibatkan sulitnya memutuskan masalah tanah (pembebasannya). Any comment..?

2 komentar:

Nurantoro mengatakan...

Pembebasan tanah untuk jalan tol di Indonesia banyak bermasalah. Tapi saya heran, kenapa cuma di Indonesia. Negera-negara lain bisa pesat membangun jalan tol, artinya : sistem atau model pengadaan lahannya bisa berjalan baik. Tidak bisakah kita mengadposi salah satu model pengadaan lahan itu? Mungkinkah hanya kita satu-satunya bangsa di dunia yang tidak bisa mencari solusi pengadaan lahan ?

Dion mengatakan...

Nyatane ngono rek, tapi konon jaman dulu bisa ya?