Kamis, 22 November 2007

Menunggu GODOT eh…BOLA

Tulisan ini saya buat sambil menonton TV menunggu Qualifying Euro 2008 kejuaraan Bola Eropa tahun 2008. Terbayang kalau bisa ikut larut dalam emosi penonton dari negara negara yang bisa berbicara di sepak bola dunia.
Tapi ya mana mungkin bisa wong PSSI hanya bisa mengumpulkan rekor kekalahan dan kemelut kepengurusan.
Sebenernya dari sisi mana sih bisanya kita membuat bench mark dengan negara lain kalau dibilang negara ini miskin, lha negara di negara kecil di benua lain juga banyak yang di bawah kita kok bisa jago mainnya. Kalau dibilang orangnya secara fisik kecil-kecil lha di Korea atau Jepang juga tidak lebih besar (sekali) dari kita. Dari jumlah penduduk dan luas wilayah ya jelas kita banyak dan gede banget, tapi kok ya kalah 7 – 0 dari Suriah. Dari fanatisme , jelas kita lebih unggul let say.. daripada Amerika Serikat apalagi kita juga punya Bonex dan Jakmania , kalau penonton di Eropa sana mati satu orang karena kerusuhan, di Indonesia bisa tiga atau empat orang.
Prestasi terbaik dari PSSI .... waah kapan ya saya lupa, waktu di Australia melawan Rusia pada event Olimpiade (jamannya Ramang), atau waktu beberapa bulan lalu saat Piala Asia.
Ya kita sekarang nunggu saja ... barangkali pengurusnya ganti, pemainnya ganti, cara pembinaannya ganti, lapangannya ganti (jadi futsal dong..? supaya lebih kecil). Atau lawannya yang kita ganti supaya bisa PSSI bisa menang. Lha ini sih nunggu GODOT namanya....padahal sebenarnya saya lagi nunggu nonton pertandingan BOLA di TV lho.

Tidak ada komentar: