Rabu, 28 November 2007

Forum Diskusi Integrasi Sistem Infrastruktur.

Hari ini (27 Nov 2007) saya secara kebetulan dan mendadak ikut suatu Forum Diskusi Integrasi Sistem Infrastruktur di Jakarta dan Bodetabekjur di Engineering Center nya UI Depok. Yang kebetulan hadir antara lain adalah Dorojatun Kuntjoro Jakti, A.R Suhud, Hermanto Dardak, Suyono Dikun dan beberapa ahli transportasi dari berbagai perguruan tinggi, juga tentunya Dekan Teknik dan Rektor UI.
Banyak pendapat yang bagus bagus yang secara konseptual tidak hanya melulu disoroti dari sektor transportasinya saja, tidak mem blame siapapun, dan ini keperluannya untuk diserahkan kepada Pemda-Pemda yang dapat dijadikan referensi bagi penyusunan Rencana pengembangan dan pengelolaan wilayah (RUTR).
Ada beberapa statement yang menarik tentang Megapolitan, tentang sudah banyaknya Master Plan yang dibuat (tetapi yang belum ada adalah Masternya Master Plan... orang yang kuat yang dapat mengimplementasikan Master Plan dengan konsisten). Tetapi tampaknya Keterintegrasian yang menjadi kata kunci akan sangat sulit tercapai manakala arogansi kelompok, sektor, kepentingan masih mengemuka. Yang mau membuat kereta api ya buat rencana sendiri. Sementara yang mau membuat jalan raya terus saja melanjutkan acaranya, yang menggelar Busway juga terus saja. Belum pernah ada suatu assessment atas unjuk kerja masing masing kepentingan tersebut. Ada pendapat bahwa sebelum kita mengimplementasikan suatu rencana sebaiknya option-option sudah disosialisasikan (dan ini butuh beberapa waktu sehingga masyarakat tidak kagetan menghadapi perubahan yang cepat).
Anyway ..busway still on the way, isn't that right Mr.Governor ?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!