Rabu, 25 Juni 2008

Nilai Positif Anda

Pernah berpikir seberapa baikkah value yang kita miliki untuk dapat menjadikan putra putri kita anak yang baik ?

Kondisi pertama; Kalau kita berpikir bahwa kita ”sudah cukup baik” dalam beberapa hal.
Cobalah catat dan analisis lah hal hal tersebut dengan cermat.
Misalkan bahwa kita ini bukan pemakai narkoba atau alkoholik, cobalah ditelisik bagaimana kita bisa seperti itu ?, apa yang menjadi peran dominan kondisi seperti itu; apa karena orang tua kita ?, atau karena pendidikan (moral/agama), karena lingkungan sosial lainnya ?, atau karena suatu pengalaman hidup lainnya (empiris) ?

Kondisi kedua ; Kalau kebetulan kita mempunyai (dan merasa) mempunyai “label buruk” pada diri kita untuk sesuatu hal.
Sama dengan kondisi pertama, coba telisik kenapa kita bisa sampai demikian.

Coba tangkap nuansa perjalanan hidup kita selama ini sejak kecil sampai sekarang ini, cari dan perhatikan pengaruh positif (atau negatif) apa yang dominan mempengaruhi kita sehingga menjadi ”baik atau buruk”.
Kemudian proyeksikan kedalam kerangka waktu sekarang untuk kondisi putra/putri anda (tentunya ada konversi konversi tertentu akibat perbedaan waktu tersebut). Apakah yang masih mereka butuhkan, dapatkah ”nuansa positif” dari catatan kita, dimasukkan kepada anak kita dan membuang ”nuansa negatif”.

Saya cukup yakin kalau kita mau jujur mengenai analisis dari catatan hidup kita, maka hal tersebut akan banyak berguna untuk menjadi referensi dalam mendidik, mengarahkan dan menghantarkan anak anak kita untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik daripada kita.

Tidak ada komentar: