Kamis, 20 November 2008

Madura

Sebentar lagi Pulau yang berada si sebelah Timur kota Surabaya ini akan dihubungkan dengan sebuah jembatan terpanjang di Indonesia.
Jembatan Suramadu yang merupakan "cable stayed Bridge" telah dimulai pembangunannya sejak 4 tahun lalu diharapkan bisa dilewati lalu lintas dibulan April 2009, sampai dengan saat ini progress fisik pembangunan Jembatan telah mencapai 87,22% (Silakan lihat diwebsite ini). Jembatan yang mempunyai panjang 5,4 km ini nantinya akan menjadi jembatan Tol pertama yang menyeberangi laut.

Proyek Jembatan Tol ini secara finansial tampaknya tidak feasible, tetapi akan menjadi penting artinya apabila dilihat secara ekonomi dan sosial, sepertinya proyek ini mempunyai nilai tersendiri.

Dan perlu diamati pula pola pengembangan daerah di Pulau Madura apakah daya dukung alamnya mampu berkolaborasi dengan kepentingan pengembangan investasi industri atau infrastruktur lainnya.
Beberapa waktu yang lalu saya sempat mampir ke Pulau Madura dan juga sempat melewati sebagian dari Proyek Suramadu.

Tidak cuma sekedar melihat bagaimana Suramadu dibangun, di Madura saya juga sempat melihat Karapan Sapi “in live mode”, bukan main... Banyak hal yang belum terungkap mengenai kekhasan Madura dan segala kulturnya.
Ini beberapa cerita bergambar yang ingin disharing..

Suramadu :



Dari tengah jembatan mengarah ke Selatan (Surabaya cause way)






Berdiri di atas Pier 36 (diujung yang baru saja jadi), ke arah Utara (Madura), tampak pengerjaan Pier Pier selanjutnya di tengah laut




Dari Selat Madura

Karapan Sapi :


Tari Pecut, sebelum "the Race" dilakukan, look at the crowd , meskipun akan hujan penonton tetap setia.





Ini jagoan saya sebelum bertanding



Ternyata jago saya kalah tipis




Pengisi perut sambil menunggu waktu tanding berikutnya, untuk mempersiapkan sebelum start nampaknya cukup membutuhkan waktu yang lama









Tahunya mminginii, tapi perut perlu diasuransikan











Ternyata "Bebek" lebih unggul di garis finish






6 komentar:

ADITYAWARMAN mengatakan...

kalau membangun infrastruktur selalu pakai perhitungan manfaat finansial saja, barangkali daerah, tertinggal akan selamanya tertinggal, menurut saya justru jalan atau infrastruktur harus dibangun untuk membuka akses daerah agar daerah tersebut bisa menikmati jejaring ekonomi untuk meningkatkan peri hidupnya, mungkin disini pertimbangan ekonomi sosial lebih kena, dan memang untuk ini sudah sewajarnya pemerintah yang melakukannya, karena kalau badan usaha atau investor pasti hitung-hitungan, siapa mau rugi buka jalan didaerah yang belum berkembang. Saya setuju pikiran pak joko dulu yang bilang konsesi harusnya dikasih satu bundel,ada yang untung dan rugi, supaya subsidi silang.Tapi itu dulu lho.

Mind Transportation mengatakan...

Untuk Suramadu, saya kira perlu diperhatikan sekali daya dukung wilayah Madura yang masih "murni", apakah dapat bersepaham dengan kepentingan investasi industri yang biasanya "rakus"

Cak Eko mengatakan...

Very Nice Journey especially visit tour in Madura Island. Apalagi tahu petisnya itu pak yang bikin kangen jaman sekolah di Surabaya dulu tapi risikonya kalau perut tidak siap bisa berabe :). Sukses pak...

yudi mengatakan...

Rindu nonton karapan sapi dengan menggunakan tangga dari balik tembok stadion, hehehe....

wellcome in madura pak...

DANANG PROFILE mengatakan...

Bos, aku lahir di Madura tapi gak pernah kesana lagi sejak kelas 2 SD, mudah2an kalau jadi bisa nengokin lagi perkembangan Madura. Secara ekonomi seharusnya akan berkembang dong........

Mind Transportation mengatakan...

Oom Danang, Insya Allah Suramadu bisa beroperasi bulan April 2009, naaah Madura bisa makin rame