Selasa, 23 September 2008

So Complicated

Minggu yang lalu saya dapat pinjaman DVD Live show nya Genesis pada waktu Europe Reunion Tour tahun 2007 ( Genesis 2007 reunion tour, Live over Europe) di Roma Italia.
“When in Rome 2007” demikian tajuk DVD tersebut adalah aksi mereka di penghujung Tour ke 22 kota di daratan Eropa (Roma adalah kota terakhir), diperkirakan 500.000 penonton yang menyaksikan aksi panggung dan reunian anggota Band tersebut di Italia (Rome’s Circo Massimo). Kalau saja ongkos ke Eropa itu terjangkau, maka saya pasti menjadi salah satu penonton mereka.

Saya nggak mau cerita tentang musikalitas dari Genesis yang menjadi Band Progresive favorite saya sejak tahun 70’ an, untuk hal ini silahkan melihatnya di banyak website ataupun sumber referensi lain. Yang ingin saya tampilkan justru bagaimana mereka mempersiapkan perhelatan besar ini,. this was definitely something huge.. and very complicated event to be managed.

Didalam paket yang berisi 3 keping DVD yang total berdurasi 5,5 jam ini, salah satu disknya berisi tentang Tour Programme plus extra concert ( dinamain Documentary; Come Rain or Shine ) yang kurang lebih menampakkan kegiatan sejak persiapan sampai akhir konser di belakang layar, ini yang sangat menarik.
Bayangkan saja, dimulai dari konsep besar suatu konser Reunion ( Phil Collins dengan Band intinya) yang sudah 15 tahun tahun terakhir baru terjadi lagi, sampai dengan masalah detail yang sepele dapat ter record dengan baik.
Dari bagaimana mereka memilih konsep disain panggung yang memiliki ..the biggest LCD screen ever.. dengan disain lighting yang modern contemporary (malah pakai mercon sreeng/kembang api segala), sampai dengan bagaimana Phil Collins menghendaki dua buah kursi Bar (belinya juga nyuruh asistennya keMakro) yang mengeluarkan bunyi tertentu untuk digebuk bersama Chester Thompson.
Ada lagi cerita balik panggung dimana sampai dengan rehearsal terakhir (sehari sebelum konser pertama) baru mereka dapat mengatasi ketegangan mensinkronkan gambar di screen dengan lagu/musik nya. Ternyata kecanggihan IT (video engineering) kalau dipadukan dengan ‘art’ dalam hal ini musik masih memerlukan peran kepekaan manusia. Pada akhirnya mereka memerlukan “Push-Button Man” yaitu orang yang bertugas memencet button di komputernya, supaya gambar yang keluar di screen yang canggih bisa cocok dengan lagu/musik yang terdengar (padahal tampaknya petugas tersebut ya wong namanya assisten video engineer agak kurang ngerti musik/lagu nya Genesis, wah benar benar critical sekali pada saat itu).
Dalam potongan video lain tampak diskusi yang serius tentang apakah mereka akan menggunakan chord G Mayor atau G dim pada lagu Firth of Fifth.

Intinya adalah bahwa konser besar ini memerlukan persiapan yang sangat complicated. Meskipun mereka mempunyai Production management dan Tour management dengan team yang sangat profesional, tetap saja masalah kondisi akhir di lapangan ada saja masalah yang timbul (bayangin saja kalau sebelum main hujan turun, seluruh sambungan kabel mesti di semprot dryer, dan banyak masalah kecil lainnya)

Penampilan mereka sendiri, cukup standar, biasa saja, karena memang juga mungkin sudah terlalu lelah keliling di 22 kota ( dan tentu juga mereka kan sudah dimakan usia). Sebagian besar lagu yang dibawakan merupakan lagu mereka dari periode di ats tahun 1975 an (era nya Collins).

Line up:
Dukes intro, Turn it On Again, No Son of Mine, Land of confusion, In the Cage medley, Afterglow, Hold on my Heart, Home By theSea, Follow You Follow Me, Firth of Fifth, Ripples, Throwong it All Away, Domino, Los Endos, Tonight Tonight, Invisible touch, I Can’t dance, Carpet Crawler

3 komentar:

Jenggot mengatakan...

Wah ternyata Genesis masih eksis yah? saya kira sudah bubar bos, yang saya tahu sudah cukup lama mereka vacum selain itu juga kondisi Phil sendiri sedang kurang baik deh...
Well semoga mereka dpt berlanjut ke dapur rekaman lagi utk buat album baru lagi (tentunya dgn formasi vokalnya Phil) ya gak bos?

Mind Transportation mengatakan...

tahun 2007 itu tour memang sambil reunian, tapi Genesisnya sih tetep nggak ada Phil Collinsnya (bukan bubar tetapi si Botak Collins udh gak disitu).

Gatot mengatakan...

Jujur saja, performance mereka sudah menurus dan sangat mengecewakan, terutama Phil Collins dalam menyanyi ... udah turun pol. Tapi yanjg menarik ya DVDnya dan behind the screen interviewnya ...

Salam,
G