Kamis, 15 Januari 2009

Pre-paid smart-card

Setahun yang lalu saya pernah membuat posting mengenai Smart-Card disini, dan sekarang (sebenarnya mulai tanggal 3 Januari 2009) mulai diberlakukan (baca “diujilapangankan”) e-Toll Card alias Kartu Prabayar untuk membayar transaksi di gardu Tol.

Bagaimana menggunakannya ?, bagaimana mendapatkannya ?, apa saja manfaatnya ?, menjadi pertanyaan kita semua. Tapi jawabnya cukup sulit dicari, atau memang mungkin “sosialisasi” dan marketingnya masih kurang dilakukan oleh operator. Memang sih syarat dan ketentuan berlakunya dikeluarkan Bank, tapi toh tetap menurut saya operator punya hajat juga untuk menyampaikannya secara massive dengan program yang terukur kepada pelanggan tercintanya, apalagi menurut yang saya baca dari media diharapkan bahwa 30 – 40% pengguna akan memakai kartu ini di 5 tahun kedepan.
Nah kebetulan dari tangan pertama saya sempat melihat bentuk kartunya. Coba bandingkan dengan kartu prabayar versi saya.







Yang ini versi saya.. duluuu



Ini ada rekaman pada saat menjelang transaksi di Gerbang Tol, di atas Gerbang Tol tertulis Transaksi E-Toll Card tapi sepertinya disetiap Gardu akan bisa mentransaksikan E-Toll Card

video

Direkaman ini dapat dilihat cara bertransaksi dengan petugas Tol, sebetulnya sama saja dengan cara transaksi cash yang sekarang, hanya saja uangnya sudah diganti dengan kartu smart E-Toll.Coba dihitung berapa detik bedanya ?

video

6 komentar:

rayearth2601 mengatakan...

wah, udah keren aja nih kartu tolnya ya....
semoga pelayanannya juga semakin meningkat...

keep smile :)

Mind Transportation mengatakan...

Yaah kita harap operatornya tau diri aja deh

Nurantoro mengatakan...

Mudah-mudahan e-toll card bisa sukses seperti flazz card

Anonim mengatakan...

Iya mudah mudahan ,, (ihik... ihik...* sambil sedih..)

www.katobengke.com mengatakan...

wah bagus tuh....
disini tak ada.....
mahal....bayarnya

Anonim mengatakan...

Saya adalah mantan pengguna e-toll card yang sering bertransaksi di tol cililitan . Di 2 Gerbang Otomatis tersebut Penggunaan etollcard yang ada sangat tidak efektif karena alat scanner yang dipergunakan seringkali rusak dan hal ini memperlambat transaksi , bahkan lebih lambat dari transaksi tunai.

Jalur pemisah e-toll card terutama di Gerbang Cililitan sering dipakai/diserobot oleh bukan pemegang kartu etoll card, namun tidak ada petugas yang menindak pelanggar marka jalan khusus etoll-card.

Untuk gerbang transaksi lainnya , alat pemindai/scanner ada pada petugas (tidak terlihat konsumen) karena kartu kemungkinan untuk petugas menggesek kartu secara berulang tanpa sepengetahuan konsumen.