Minggu, 12 Oktober 2008

Mussolini & Soeharto

“Apa persamaan antara Benito Mussolini dengan Soeharto disamping bahwa mereka berdua adalah pemimpin negara yang….dst..” demikian pertanyaan yang dibacakan oleh Helmy Yahya pada acara Bintang Pelajar, lomba kepinteran antar siswa SMP di AN TV tadi pagi.

Jawaban dari trivia ini cukup membuat surprise;
Baik Mussolini dan Soeharto menjadi Pemimpin pertama di negara nya yang membangun Jalan Tol. Mussolini memulai jalan tol Milano – Laghi sepanjang 479 km yang dioperasikan mulai tahun 1924, sedangkan Soeharto meresmikan Jalan Tol Jagorawi sebagai Jalan Tol Pertama di Indonesia tahun 1978.
Jalan Tol Milano – Laghi menjadi salah satu contoh PPP (Public Private Partnership) pertama di pembangunan infrastruktur jalan yang dinilai berhasil.Menurut referensi yang saya lihat, Jalan Tol tersebut well constructed dari sisi teknis meskipundari sisi feasibilitas agak kurang. Sementara itu di Indonesia masuknya swasta di sektor jalan tol dimulai akhir tahun 1980 an (dan faktor kesuksesannya sangat dipertanyakan).

Whatever, saya cukup heran atas pertanyaan yang dibuat oleh pembuat kuis tersebut, dan tentu saja tidak ada satu pelajarpun yang bisa menjawabnya. Namun di sisi lain saya jadi tertarik untuk menelusuri persamaan persamaan lain dari kedua orang tersebut.

Gambar diambil dari sini

Tidak ada komentar: