Minggu, 20 Juli 2008

Jaga Jarak

Beberapa waktu yang lalu saya sempat (ehh ..”menyempatkan”) diri melihat pameran Automotive 2008 di JHCC. Wah… tumben, dengan tanda masuk yang di banderol tigapuluh ribu rupiah sekedar lihat keliling kanan kiri (yang pasti gak akan mbeli!!), cukup sudah terpuaskan mata saya dengan melihat mobil mobil dengan harga jutaan sampai miliar an.
Pulang dari pameran, jalan macet penuh kendaraan as always like that, kebayang aja meskipun dengan mobil ribuan cc yang mahal tetap saja jalannya merambat seperti uler keket.
Pikiran saya melayang ke tahun 2038, yaaa.. tigapuluh tahun dari sekarang, I was wondering .bagaimana suasana jalan di Jakarta ini.
Apakah jalan makin padat (stuck) atau mungkin malah kosong melompong dan hanya orang yang sangat berpunya yang menggunakan kendaran pribadi ?.
Minyak harganya sudah U$ 900/barrel ? atau premium sudah Rp 25.000/liter.I am wondering .. juga bagaimana kebijakan pemerintah tentang energi dan transportasi ditahun itu (lha wong di tahun sekarang saja ndak jelas, meskipun tentu saja kita sadari bahwa pola perilaku masyarakat juga ikut andil adanya krisis energi di negeri ini).

(calon penghuni jalan kita), wah warna putih masih favorit juga rupanya.


Nah pas keesokan harinya, saya melihat dipojok depan rumah saya terjuntai daun dan buah dari pohon jarak pagar. Bukan secara kebetulan, tetapi menurut saya ini (pohon jarak pagar), bisa menjadi pohon andalan dimasa mendatang sebagai alternatif bahan bakar.
Minyak yang dihasilkan dari biji jarak lebih kurang 25 % dari berat bijinya, dan biji jarak ini sudah digunakan sejak puluhan tahun oleh kakek dan buyut kita untuk penerangan di desa.

Ada yang belum pernah melihat buah dan biji jarak pagar ?


Ayo jaga jarak dan dibudidayakan, siapa tahu menghasilkan . Brazil saja bisa sukses dengan tebu dan methanolnya.








1 komentar:

ADITYAWARMAN mengatakan...

energi alternatif yang murah buat mobil masa depan, saya kira angin pak djoko, saya ngebayangin mobil yang mesinnya dijalankan oleh tekanan angin, jadi kalau habis tinggal isi angin persis seperti tambal ban muarah banget kan dan lagi gak polusi.